Jumat, 10 Juni 2016

Cara membuat api pakai baterai

Halo sobat blog,
Ini postingan pertama ane, di sini ane akan membahas gimana caranya membuat api menggunakan baterai, misalnya (Ab* atau Alkalin*), alat dan bahan yang digunakan juga gampang dicari loh. Alat dan bahan yang harus digunakan:
* Baterai (recomend pakai yang baru yah atau yang masih ada sisa tenaganya sedikitlah)
* Bungkus permen karet (yang almunium foilnya yah)
* gunting (ga pake juga ga papa sih, tinggal dirobek aj. Hahaha)
* sarung tangan untuk memininalisir resiko tangan terbakar ( kalo udah kuat, resiko tanggung sendiri)

Ok kita mulai langkah-langkahnya
Pertama lipat aluminium foil bekas bungkus permen karetnya, nah tapi tengahnya di gunting yah jadi tipis di bagian tengahnya. Oh iya lipatnya bagian yang kertas di bagian dalam yah
.
Kalau sudah tempelkan bagian almuniun foil yang sudah digunting tadi di bagian baterai yang positif (+) dan negatif (-).

Tunggu beberapa saat dan taaaadddaaaaa bagian tengah almunium foil yang digunting akan terbakar. Setelah api menyala segera jauhkan dari baterainya yah dan hati-hati yah saat mencoba di rumah, jangan dekat anak kecil dan jauhkan benda yang mudah terbakar.

Penjelasan :
masih inget rumus fisika arus listrik = tegangan/hambatan?
disini kita gak perlu perhatiin tegangannya karena teganannya udah pasti 1,5 volt
tapi liat hambatan dan arus listriknya, alumunium foil dihubungin langsung ke kutub positif dan kutub negatif menyebabkan hambatan di rangakian itu mendekati 0
karena hambatannya mendekati 0, tegangan berapapun kalau dibagi 0 yah arus listriknya jadi gede banget(mendekati tak terhingga)
efek dari arus yang sangat tinggi tadi akan timbul panas di seluruh rangkaian yang lama kelamaan akan timbul api
nah kenapa yang kebakar bukan batrenya tapi bisa alumunium foilnya?
itu karena kemampuan menghantarkan arus listrik di alumunium foil itu lebih kecil dibandingkan di batre jadi yang kebakar itu alumunium foilnya bukan batrenya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar